Review Teori Constructivism dari Jesse Delia

Constructivism
Of  Jesse Delia

Pengantar
Jesse Delia adalah bekas kepala departemen bagian pidato komunikasi di University of Illions, sekarang menjadi dekan Pengetahuan Budaya dan Ilmu Pengetahuan di universitas yang sama. Teori Constructivism dikembangkan oleh Delia pada tahun 1982. Delia menggambarkan constructivism sebagai tukang kayu yang mencoba untuk mendirikan atau memperbaiki hubungan di dunia dimana kita hidup.
Inti dari constructivism adalah seseorang
akan menggambarkan dunia melalui sistem dari gagasan-gagasan atau apa yang mereka pikirkan sendiri. Gagasan-gagasan atau pikiran-pikiran berupa komponen-komponen kognitif yang dilengkapi atas realita-realita yang ada dalam lingkunganya.
            Kita biasanya tidak tau bahwa penafsiran skema yang kita gunakan untuk membuat pengertian tentang dunia sosial kita. Delia dan Jaringan Peneliti menciptakan Role Category Questionnare (RCQ). RCQ membantu kita masuk kedalam kepala kita, menjelaskan suatu makna. RCQ merupakan sebuah metode penelitian yang menekankan pada kepribadian dan tindakan seseorang dalam mendefinisikan karakter seseorang, bukan secara fisik.

Constructivism
            Asumsi dasar dari constructivism adalah bahwa orang-orang akan memahami dunia melalui sistem yang dibentuknya sendiri. Individu yang telah memiliki kedewasaan, dia melihat dunia dari gambaran kehidupan yang ada, dan mampu mengambarkan orang dengan lebih kompleks, bahwa tidak hanya terpaku pada satu sudut pandang saja. Teori ini menjelaskan bahwa orang orang memiliki tingkat pemikiran yng berbeda-beda. Untuk mengukurnya ada yang dinamakan RCQ. RCQ merupakan sebuah metode penelitian yang menekankan pada kepribadian dan tindakan seseorang dalam mendefinisikan karakter seseorang.
Delia melakukan pengujian terhadap RCQ dengan mengembangkan kompleksitas kognitif itu berdasar kronologi usia anak yang kemudian secara berurutan pada nilai yang lebih tinggi antara dewasa menuju usia tua. Pada akhirnya menyimpulkan bahwa perbedaan individu antara orang dewasa relatif stabil dari waktu ke waktu. Dia menuliskan bahwa test kepribadian tidak harus digambarkan oleh karakter lain atau faktor yang tidak berhubungan. Peneliti harus memahami bahwa nilai RCQ itu bebas dari IQ, empati, ataupun kemampuan menulis.
·         Person Centered Message
Jesse Delia mengungkapkan bahwa Person Centered Message sebagai pesan yang menggambarkan kesadaran dan adaptasi terhadap subjek, afektif, dan aspek hubungan dalam konteks komunikasi. Di lain kata, pembicara sanggup untuk merasakan bagaimana perbedaan individu dalam merespon terhadap pesan dan mengatur komunikasi sesuai dengan itu.
Nantinya bisa mengantisipasi respon respon yang berbeda dan dapat meneysuaikan komunikasi berdasarkan adaptasi yang telah dilakukan.
Desain pesan logis:
1.      Expresive Desain Logic
Bahasa merupakan media untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Mereka hanya berkata apa yang mereka pikirkan dan rasakan yang lainya akan mengetahui apa yang mereka pikirkan dan rasakan.
2.      Conventional Design Logic
Komunikasi merupakan sebuah permainan yang dimainkan dengan cara kerja sama, sesuai dengan aturan dan prosedur sosial yang lazim. 
3.      Rhetorical Design Logic
Komunikasi merupakan kreasi dan negosiasi dari pribadi sosial dan situasi. Artinya ketika seseorang menyampaikan gagasannya, mereka mengungkapkan kenyataan-kenyataan sosial yang ada. Teori ini menggabungkan expresiv design logic dan conventional design logis. Menggunakan bahasa yang expresiv namun juga mengikuti aturan yang ada.
Manfaat dari komunikasi yang canggih:
1.      Pesan yang menyenangkan
Mencoba untuk mengurangi tekanan emosi yang dimiliki oleh orang lain.
2.      Memelihara hubungan
Proses kejelasan dari perkembangan hubungan. Hubungan biasanya diawali dengan daya tarik, penggalian diri, dan pengurangan ketidakpastian.
3.      Keefektifan organisasi
Bukan ditentukan oleh satu pesan yang canggih. Meskipun untuk teori constructivism, prestasi yang tinggi dan dan sikap yang menyenangkan maka berkelanjutan untuk mencapai jabatan dengan cepat.

Critism
Role Category Questionnare (RCQ) bukanlah satunya satunya acuan yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam hal komunikasi. RCQ juga tidak memiliki sebuah standar yang pasti yang digunakan dalam melaksanakan survey. Sehingga para ilmuwan dalam menganalis hasil-hasil dari survey tersebut mengalami kesulitan. Diluar sana masih ada metode lain yang digunakan untuk mengetahui cara berkomunikasi seseorang.

Penerapan
Teori Constructivism dapat diterapakan dalam komunikasi interpersonal yang berkaitan dengan komunikasi massa. Dalam komunikasi interpersonal, semua desain pesan logis dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Rhetorical Design Logic merupakan desain terbaik dalam komunikasi, yang berguna untuk meningkatkan kualitas komunikasi setiap individu terhadap pesan apa yang disampaikan oleh individu dalam sebuah komunikasi tersebut. Sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik dan hubungan yang terjadi antara komunikan dan komunikator terjalin dengan baik.

Contoh Kasus

            Pada saat kita memiliki tetangga yang kemalingan, kita tentu akan menenangkan tetangga yang kemalingan itu. Kita akan mencoba mengurangi emosi yang ada dalam orang tersebut dengan mengatakan bahwa kemalingan merupakan suatu cobaan, jangan sedih yang penting keluarga selamat, dan rezeki bisa dicari lagi. Dengan cara menenangkan tetangga yang kemalingan, tetangga itu merasakaan bahwa ada orang yang memperhatikan dirinya pada saat dirinya susah. Karena kita  bisa memposisikan diri menggunakan bahasa yang tetap maka kita bisa menenangkan orang tersebut sehingga orang yang kemalingan merasa tenang. Walaupun orang yang kemalingan itu adalah orang yang kita benci.

Komentar

  1. Adakah Daftar Pustaka ata referensinya?
    Terimakasih
    Salam
    Zahra.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Griffin, EM. 2003. A First Look at Communication Theory Fifth Edition. McGraw-Hill

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Film Berbagi Suami

Review Teori Anxiety/Uncertainty Management dari William Gundykunst